Tuesday, October 3, 2017

Dari 0G Sampai Pintar, Inilah Sejarah Perkembangan Handphone

0


Teknologi telah berkembang sangat pesat, sekarang handphone tidak hanya untuk media komunikasi saja, dengan handphone kita dapat memotret photo yang bagus layaknya photografi, shopping , beli tiket perjalanan ,  bayar listrik tanpa harus keluar rumah dan masih banyak yang lainnya. Namun handphone memiliki sejarah  dalam perjalanan menjadi canggih seperti sekarang ini, dibawah ini ada 5 generasi handphone. Kira-kira handphone pertama kamu ada di generasi berapa ya? Mari bernostalgia.

  • Generasi 0 (0G)
Jadi sebenarnya perkembangan handphone tidak terlepas dari perkembangan radio. Awal dari penemuan telepon seluler pada tahun 1921 untuk kepentingan Departemen Kepolisian Detroit Michigan dengan mencoba menggunakan telepon mobil satu arah, Kepolisian Detroit mulai menggunakannya pada semua mobil patroli dengan frekuensi 2MHz pada tahun 1928. Kemudian dikembangkan lagi menjadi portable Handie-talkie SCR536 oleh Galvin Manufactory Corporation (sekarang Motorola, red) pada tahun 1940, yang berarti sebuah alat komunikasi di medan perang saat perang dunia II. Baru deh pada masa ini telepon seluler generasi 0G diperkenalkan. Sistem dari generasi ini pun masih menggunakan system radio VHF untuk menghubungkan telepon secara langsung dan jaringan kongesti nya juga belum bagus.


  • Generasi 1 (1G)
Untuk generasi 1 ini diperkenalkan oleh Martin Cooper dari Motorola Corp pada 3 april 1973 dengan bentuk lumayan besar dan memiliki berat sekitar 800 gram karena kebutuhan tenaga baterai yang lebih besar . Pada generasi ini menggunakan teknologi yang bersifat analog (AMPS) dengan frekuensi 825 Mhz – 894 Mhz kemudian dioperasikan pada band 800. Sistem yang digunakan generasi ini juga masih bersifat regional dan mobilitas pengguna terbatas pada jangkauan area telepon genggam.


  • Generasi 2 (2G)
Generasi 2 muncul pada tahun 90an, dimana telepon genggam sudah menggunakan GSM dan CDMA sehingga telepon seluler pada saat itu sudah mempunyai frekuensi yang lumayan besar sekitar 900 Mhz – 1800 Mhz. Teknologi yang digunakan sudah menjadi sinyal digital dimana telepon genggam dapat melakukan pesan suara, SMS, dan panggilan tunggu. Untuk bentuk dan ukuran pada generasi ini sudah lumayan mengecil karena kebutuhan daya baterainya lebih kecil sehingga lebih ringan dari generasi sebelumnya serta sinyal radio yang lebih rendah sehingga mengurangi efek radiasi yang membayakan pengguna.

  • Generasi 3 (3G)
Pada generasi ini telepon genggam mulai memiliki fitur lengkap seperti telepon genggam yang banyak kita lihat saat ini, bahkan hampir mirip dengan PC karena sudah ada sistem operasi didalamnya seperti Windows Mobile dan Android dengan versi pertamanya Cupcake.  Generasi ini memungkinan operator jaringan untuk pengguna nya lebih luas jadi bisa internetan untuk mencari informasi dari berbagai belahan dunia. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000.  Namun kelemahan pada generasi ini adalah biaya yang relatif tinggi tidak hanya untuk harga untuk telepon genggamnya, berinternet pun harus memiliki pulsa/kouta yang lumayan mahal.


  • Generasi 4 (4G)
Generasi ini disebut juga fourth generation technology, dimana merupakan perkembangan dari 3G. Memiliki fitur yang hampir sama dengan 3G namun untuk 4G memiliki kecepatan akses yang lebih cepat hingga 1Gbps jika diam dirumah dan 100Mbps jika sedang berpergian, bisa dibayangkan betapa cepatnya akses pada generasi ini yang membuat teknologi komunikasi menjadi memperkecil dunia.






0 comments:

Post a Comment