Thursday, November 23, 2017

E-education Sebagai Pemanfaatan Internet Sehat

0



                Perkembangan internet sudah sedemikian berkembang cepat sehingga merasuk ke dalam kehidupan masyarakat. Internet telah memberikan kemudahan dalam sarana komunikasi, publikasi, dan sarana untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Internet banyak dimanfaatkan dalam segala bidang, untuk bidang pemerintah, perbankan, penyuluhan kepada masyarakat, kesehatan, dan bidang pendidikan yang akan dibahas pada artikel ini.

                E-education merupakan sistem pendidikan berbasis media elektronik seperti radio dan televisi, namun sistem education lebih dikenal dalam internet sebagai media utamanya. Pemanfaatan e-Education pertama kali diterapkan oleh sekolah militer di Amerika Serikat (1983). Sejak itu tren teknologi internet untuk pendidikan berkembang pesat dan lebih dari 100 perguruan tinggi di Amerika Serikat telah memanfaatkannya. Di Indonesia sendiri memulai memanfaatkannya  pada tahun 1995 saat IndoInternet membuka jasa layanan Internet, ada beberapa perguruan tinggi pada saat itu juga menawarkan program online misalnya Institut Teknologi Bandung, Universitas Teknologi Yogyakarta, Politeknik Negeri Semarang, dan Universitas lainnya.

                Sistem Pendidikan berbasis Intenet memudahkan setiap orang untuk memperoleh pendidikan dengan mudah dan murah, khususnya untuk siswa-siswi dari belahan dunia dapat langsung mengakses situs web dan mengikuti pendidikan hanya dari komputer yang berada didepannya.

                E-education bermanfaat bagi lembaga pendidikan, siswa, masyarakat, dan dunia akademis seperti memperpendek jarak dengan memperluas jangkauan  pada peserta didik, fleksibel dapat mengikuti proses pendidikan dimanapun, dan proses pendidikan dapat dilakukan dengan akurat cepat serta interaktif
Namun dalam pelaksaan sistem pendidikan berbasis intenet di Indonesia ini masih memiliki kendala seperti sulitnya pendanaan untuk mengadakan fasilitas internet, belum tersedianya guru-guru yang memahami dan menguasai dengan baik konsep dan implementasi TI dalam dunia pendidikan, akses internet yang belum merata dibeberapa tempat.

Reff:

·

0 comments:

Post a Comment