Wednesday, May 23, 2018

Teknologi Manajemen Layanan Sistem Informasi Berbasis Web dan Mobile Sebagai Tren Masa Kini

0



            Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan pengelolaan dan pelaksanaan layanan dengan teknologi untuk kebutuhan bisnis. Berbagai teknologi mulai berkembang sangat pesat hingga saat ini, banyak aplikasi layanan sistem informasi yang berbasis web maupun mobile yang sudah memiliki fitur-fitur canggih mengikuti tren masa kini. Berikut teknologi-teknologi yang dikembangkan oleh instansi-instansi maupun perusahaan dengan aplikasi layanan sistem informasi sebagai tren masa kini:


1.    NPWP Online

Sistem aplikasi ini bagian dari Sistem Informasi Perpajakan dilingkungan Direktorat Jendral Pajak yang berbasis gabungan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran Wajib Pajak. Pada sistem ini terbagi menjadi dua bagian yaitu sistem yang digunakan untuk pendaftaran dan sistem yang digunakan untuk memproses pendaftaran. NPWP Online merupakan inovasi yang sangat baik untuk memudahkan masyarakat untuk membuat NPWP tanpa datang langsung ke kantor pajak.


2.    Paspor Online

Paspor merupakan dokumen resmi sebagai identitas dinegara asing, biasanya paspor berisi informasi tentang negara asal pemegang paspor. Tanpa paspor tidak akan diperbolehkan melewati imigrasi keberangkatan ataupun ketibaan dibandara. Untuk membuat paspor dapat mengunjungi kantor imigrasi, namun kini ada inovasi paspor online dimana pengurusan paspor online dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor. Proses aplikasinya singkat dan lebih praktis daripada secara manual dikantor imigrasi.  Walaupun pembuatan paspor online ini masih harus datang ke kantor imigrasi untuk sidik jari,verifikasi berkas, wawancara dan foto tetapi jadwal kedatangan dapat diatur dihari kedatangan ke kantor imigrasi  jadi tidak perlu datang pagi sekali untuk antri.


3.    Layanan M-Banking

Layanan ini disediakan oleh bank untuk kegiatan transaksi melalui berbagai fitur yang ada dan biasanya layanan ini dapat digunakan dengan handphone atau smartphone. Banyak keunggulan dalam layanan ini seperti mengecek saldo, mentransfer uang, mutasi rekening, membayar tagihan kartu kredit, pembelian pulsa, pembayaran listrik dll. Layanan ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun. M Banking ini membuat nasabah lebih simple dalam segala hal perbankan.


0 comments:

Post a Comment