1.
Jelaskan macam-macam layanan
manajemen SI
Jawab:
·
Pengertian ITSM
ITSM (Information Technology Service Management,
Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem
teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif
konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari
pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.
Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok
tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya.
·
Pengertian ITIL
ITIL atau Information Technology Infrastructure
Library (Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka Infrastruktur Teknologi
Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,
pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam
suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI.
Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari
Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi
detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta
prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi
TI.
2.
Sebutkan
dan jelaskan teknologi layanan manajemen SI, dan berikan contoh
Jawab:
·
TPS
adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses
data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan
inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi
bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Data yang dihasilkan oleh TPS
dapat dilihat atau digunakanoleh manajer. Sistem ini bekerja pada level
operasional. Input pada level ini adalah transaksi dan kejadian. Proses dalam
sistem ini meliputi pengurutan data, melihat data, memperbaharui data.
Sedangkan outputnya adalah laporan yang detail, daftar lengkap dan ringkasan. Contoh: TPS
membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order
pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui
database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh Sistem
Informasi Manajemen.
·
Office
automation system (OAS) terkadang disebut juga dengan Virtual Office (VO),
konsep OAS menggabungkan penggunaan berbagai peralatan IT (Information
Technology mencakup hardware dan software) dalam berkomunikasi baik
dengan satu orang/unit maupun banyak orang/unit untuk mengurangi penggunaan
kertas (paperless) dengan tujuan terjadinya peningkatan kecepatan,
ketepatan, keamanan kerja di kantor dan meningkatkan produktivitas kerja.
Secara sederhana konsep OAS menyambungkan beberapa peralatan IT via sebuah
server. Server sebagai pusat pengendali untuk setiap workstation dan peralatan
lainnya. Para pemakai (user) dapat saling berhubungan dengan pemakainya lainnya
melalui server tadi. Semua informasi dan dokumen disimpan didalam server dan
untuk memudahkan digunakan berbagai software yang dapat mengatur masing-masing
pengguna workstation. Melalui penggunaan jaringan LAN (Local Area Network)
dan Intranet serta Internet seorang user/pemakai akan dapat berkomunikasi
dengan pemakai lainnya tanpa ditentukan/dibatasi oleh jarak dan waktu. Contoh: Desktop
Publishing, Electronic Calender, Email, Electronic Spreadsheet
·
Knowledge
work systems (KWS) adalah sistem informasi yang membuat dan mengintegrasikan
pengetahuan baru ke organisasi. Knowledge Work System mendukung para pekerja
professional seperti ilmuwan, insinyur, dan doktor dengan membantu mereka
menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke
organisasi atau masyarakat.
·
SIM tidak menggantikan TPS , tetapi mendukung spektrum
tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis
keputusan dan pembuat keputusan. SIM menghasilkan informasi yang digunakan
untuk membuat keputusan, dan juga dapat membatu menyatukan beberapa fungsi
informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data). Contoh :
E-Procurement ( E-PROC)
Salah satu penerapan kemajuan teknologi telematika
dalam mendukung proses bisnis adalah dalam proses pengadaanbarang/ jasa,
sehingga proses tersebut akan lebih transparan, efektif dan efisien.
Pemanfaatan e-Procurementmenjadikan proses pengadaan dapat dilaksanakan dengan
efektif dan efisien dengan prinsip persaingan sehat, transparan, terbuka dan
perlakuan yang adil bagi semua pihak, sehingga hasilnya dapat dipertanggung
jawabkan baik dari segi fisik, keuangan, maupun manfaatnya bagi kelancaran
tugas Pemerintah/ Perusahan.Aplikasi electronic Procurement atau e-Procurement
adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk mengelola pengadaan barang/ jasa berbasis
internet yang didisain untuk mencapai suatu proses pengadaan barang/ jasa yang
efektif, efisien dan terintegrasi.Aplikasi e-Procurement memiliki fasilitas
transaksi antara Buyer dan Supplier. Yang dimaksud dengan Buyer adalah pihak
yang akan melakukan proses pembelian barang/ jasa. Supplier adalah pihak-pihak
yang berfungsi sebagai pemasok barang/ jasa yang dibutuhkan oleh Buyer.
3.
Sebutkan
dan jelaskan strategi design dalam merancang aplikasi manajemen layanan sistem
informasi
Jawab:
Strategi:
·
Strategi
sebagai Perspective
Ini berhubungan
dengan pandangan, tujuaan dan pilosopi penyedia layanan IT untuk melakukan
bisnis dengan konsumen.
·
Strategi
sebagai Position
Ini
mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT tersebut dalam
layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau harga rendah, utilitas
yang memadai atau garansi).
·
Strategi
sebagai Plan
Ini
mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana penyedia
layanan IT akan bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke tujuan yang
diinginkan
·
Strategi
sebagai Pattern
Ini
mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil
keputusan
Design
Manajemen Layanan Sistem Informasi
Dalam
merancang sebuah aplikasi apapun pada umumnya membutuhkan beberapa kriteria
standar, kriterianya adalah sebagai berikut:
·
Kemudahan
penggunaan
Mampu
membuat aplikasi Anda bekerja di beberapa perangkat dan ukuran
layar(interaktif) adalah penting. Ini akan membantu User Anda membuat
pengalaman yang lebih baik untuk dan akan terus lebih banyak pengguna di
aplikasi Anda, bahkan jika mereka berada pada perangkat mobile.
·
Navigasi
sederhana & user experience
Ketika
membuat aplikasi, mempertimbangkan pengalaman pengguna merupakan hal yang
sangat penting bagi penyedia jasa application desain. Dengan menyederhanakan
itu, pengunjung akan merasa betah yang pada gilirannya menghabiskan lebih
banyak waktu di aplikasi yang Anda buat, dan sangat mungkin membeli produk atau
jasa. Pastikan untuk memiliki navigasi yang jelas, sederhana, dan memudahkan
pengguna untuk melakukan perjalanan dari satu halaman ke halaman lainnya.
·
Waktu
load aplikasi
Waktu
buka aplikasi Anda adalah hal yang penting untuk kepuasan pengguna. Tidak ada
pengguna yang mau menunggu page load yang terlalu lama. Dengan meminimalkan
waktu buka halaman Anda akan membuat pengguna lebih senang, dan juga
kemungkinan besar untuk menavigasi lebih lagi dari halaman ke halaman aplikasi
Anda daripada keluar karena page load yang lama
4.
Perlukah
keamanan untuk manajemen layanan SI beri contoh
Jawab:
Perlu, sebab keamanan informasi bertujuan
untuk mencapai tiga tujuan utama: kerahasiaan, ketersediaaan, dan integrasi.
a.
Kerahasiaan.
Perusahaan
mencari cara untuk melindungi data dan informasinya dari penggunaan yang tidak
semestinya oleh orang-orang yang tidak memiliki otoritas menggunakannya. Sistem
informasi eksekutif, sistem informasi sumber daya manusia, dan sistem
pengolahan transaksi, seperti pembayaan gaji, piutang usaha, pembelian, dan
hutang usaha, adalah sistem-sistem yang terutama harus mendapat perhatian dalam
keamanan informasi.
b.
Ketersediaan.
Tujuan
dibangunnya infrastruktur informasi perusahaan adalah supaya data dan informasi
perusahaan tersedia bagi pihak-pihak yang memiliki otoritas untuk
menggunakannya. Tujuan ini khususnya penting bagi MIS, DSS, dan sistem
informasi organisasi.
c.
Integritas
Seluruh sistem informasi harus memberikan atau menyediakan gambaran yang akurat
mengenai sistem fisik yang mereka wakili.
Sistem informasi perusahaan harus
melindungi data dan informasinya dari tindakan penyalahgunaan, tapi tetap
menjamin tersedianya data dan informasi yang akurat untuk pengguna yang
pihak-pihak yang berhak terhadap data dan informasi tersebut.
Berikut
ini adalah berapa contoh kerugian yang timbul akibat kurangnya penerapan
keamanan :
·
Hitung
kerugian apabila sistem informasi anda tidak bekerja selama 1jam, selama 1 hari,
1 minggu, dan 1 bulan. (Sebagai perbandingkan, bayangkan jika server
Amazon.com tidak dapat diakses selama beberapa hari. Setiap harinya dia dapat
menderita kerugian beberapa juta dolar.)
·
Hitung
kerugian apabila ada kesalahan informasi (data)
pada sistem informasi anda.
Misalnya web site anda mengumumkan harga sebuah barang yang berbeda dengan
harga yang ada di toko anda.
·
Hitung
kerugian apabila ada data yang hilang, misalnya berapa kerugian yang diderita
apabila daftar pelanggan dan invoice hilang dari sistem anda. Berapa biaya yang
dibutuhkan untuk rekonstruksi data.
·
Apakah
nama baik perusahaan anda merupakan sebuah hal yang harus dilindungi? Bayangkan
bila sebuah bank
terkenal dengan rentannya pengamanan data-datanya, bolak-balik
terjadi security incidents. Tentunya banyak nasabah yang
pindah ke bank lain karena takut akan keamanan uangnya.
5.
Sebutkan
macam-macam aplikasi berbasis mobile dan web untuk manajemen layanan SI dan
screenshoot dari masing-masing tampilan webnya
1. Layanan Studentsite Gunadarma
2. Layanan M-Banking
3. Paspor Online
Reff:
·
http://ernaparj.blogspot.co.id/2015/06/keamanan-informasi.html
0 comments:
Post a Comment